Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak.

 

Rumah Pintar

22 June 2019 , 1

Bertempat di Kokas, sebuah kampung indah yang terletak di sebelah barat Kota Fakfak, Sebuah Kemitraan antara Masyarakat Kampung, dengan ditopang oleh BP dan SKK Migas, Uncen, dan sebuah Lembaga Pendidikan Papua berbasis kewirausahaan: KITONG BISA mendirikan dan mengelola sebuah institusi informal: Rumah Pintar, yang diresmikan pada Hari Senin 20 Mei 2019.

Rumah Pintar Kokas ini dibuka oleh Hermanto Hobrouw, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak, dengan dihadiri oleh Kepala Distrik Kokas, Lurah Kokas, perangkat kampung, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Wanita di Kokas.

Institusi ini didirikan dengan metode swakelola oleh masyarakat kampung, dalam sebuah kepengurusan bersama, dengan pelatih guru lokal yang di rekrut dari masyarakat setempat. Tujuan strategi pelibatan penuh masyarakat ini adalah untuk mendorong rasa memiliki akan pusat belajar ini dalam jangka Panjang, sehingga menjamin keberlanjutannya.

Akan tetapi ada yang menarik dari Pendidikan informal kali ini, yaitu berbeda dengan rumah-rumah Pintar sejenis, Rumah Pintar di KOKAS kali ini akan menekankan kepada Pendidikan berbasis karakter dan kreatifitas, yang dapat mendorong anak-anak Papua untuk menjadi wirausahawan dan wirausahawati masa depan.

Semangat ini didorong dari masalah pelik pengangguran yang cukup tinggi di Provinsi Papua dan Papua Barat, dan sangat minimnya pengusaha technopreneur, sehingga butuh sebuah Pendidikan alternatif yang dapat mendorong lebih banyak lagi anak-anak asli Papua untuk menjadi pengusaha, atau juga pekerja dalam berbagai profesi, akan tetapi memiliki kreatifitas dan daya inovasi yang tinggi.

“Dari pengalaman mengajar dan pengamatan saya selama bertahun-tahun, adalah bahwa sebagian besar anak muda Papua hanya berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil, dan belum banyak yang berpikir untuk berkreasi dan menjadi pengusaha, akibatnya, sektor usaha didominasi oleh pendatang," ujar Deisya Al-hamid, Chief Operating Officer (COO) dari Pusat Belajar Kitong Bisa di Fakfak, yang ditunjuk untuk menjadi pendamping pengelolaan kurikulum ajar Rumah Pintar ini.

Kitong Bisa akan membantu mendampingi guru lokal untuk mengimplementasikan kurikulum khusus yang telah diterapkan Kitong Bisa di 9 pusat belajarnya di Papua dan Papua Barat selama 10 tahun belakangan ini.

Adapun jumlah anak Papua yang telah dididik di pusat belajar Kitong Bisa sejak 2009 adalah lebih dari 1,100 orang, dan sebagian dari lulusan tersebut telah menjalankan dan memiliki bisnisnya sendiri, sementara sebagian lagi memilih pekerjaan atau profesi sesuai dengan bakatnya. Replikasi metode ajar ini akan diterapkan juga di Rumah Pintar KOKAS ini.

Kitong Bisa menjalankan kurikulum Berbahasa Inggris, yang kemudian menanamkan 7 karakter utama yang menciptakan individu yang kreatif dan inovatif.

“Bukan berarti semua anak kami paksa menjadi pebisnis, akan tetapi mereka dapat menjalankan profesi apapun yang mereka mau berdasarkan bakatnya, akan tetapi mereka mengerjakannya dengan kreatif dan inovatif. Kami menargetkan, akan ada setidaknya satu anak dan satu tim dari Kokas dari Rumah Pintar ini, yang akan membuat sebuah produk kreasi unggulan, dan di kompetisikan ke tingkat nasional dan internasional," jelas Deisya.

Lessy Warikar dan Nancy Marau, keduanya adalah kordinator program-program Pendidikan BP Tangguh LNG menyampaikan harapan yang besar dari kerjasama ini. “Dengan menggandeng Kitong Bisa dan bermitra dengan UNCEN serta dikelola oleh masyarakat setempat, semangat dari kerjasama tiga sektor, yaitu Pemerintah, Perusahaan Swasta, dan LSM Lokal dapat terwujud, dan kami berharap Kitong Bisa dapat memperkenalkan metodologi baru dalam kurikulumnya dalam program-program pengajaran di Rumah Pintar ini yang dapat mengangkat karya-karya anak Kokas ke level nasional dan internasional.”

Rumah Pintar KOKAS ini akan beroperasi penuh selepas bulan Ramadhan, untuk menghormati umat Islam yang bertempat tinggal di kampung dengan toleransi dan hubungan antar umat beragama yang tinggi ini

Sumber Berita


Bagikan :



Kegiatan

Dinas Pendidikan dan Olah raga Laksanakan Sosialisasi Tentang Dana Bos

Papua Barat, Cakrabhayangkara News - Kegiatan terkait sosialisasi dana Bos yang dilaksanakan oleh dinas pendidikan khususnya dibidang pembinaan sekolah

09 April 2018
 

Pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Fakfak Periode 2018-2022

Pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI Fakfak dilaksanakan untuk memberikan legalitas dan keabsahan hukum bagi kepengurusan KONI Kabupaten Fakfak

09 April 2018
 

Sosialisasi Beasiswa Nusantara 2015 UBL di Kab. Fakfak Papua Barat

Beasiswa Nusantara tahun2014 yang telah memberikan beasiswa kuliah S1 dan S2

09 April 2018
 

Artikel

Kabarnya Tahun Depan, Anak Sekolah Bakal Punya Dua Rapor

Rapor pertama untuk nilai akademik, rapor kedua buat nilai perkembangan karakter. Yuk siap-siap perbaiki moral, kalau nggak mau tinggal kelas.

09 April 2018
 

Susahnya Jadi Guru Honorer. Kerja Keras Terus Dilakukan Meski Upah Tak Berimbang

Meskipun belum dapat sertifikasi, terpujilah engkau wahai ibu bapak guru

09 April 2018
 

Tak Lagi Penting di Mana Kamu Lahir Jika Malah 7 Bule Ini yang Lebih Banyak Berjasa untuk Indonesia

Kamu yang pemuda cetakan Indonesia tulen udah berbuat apa aja?

09 April 2018
 

Berita

Rumah Pintar

22 June 2019

Rumah Belajar Kemdikbud

21 May 2019

Persiapan Liga Sepak Bola Pelajar U-16 dan U-14 Kabupaten Fakfak Tahun 2019.

15 March 2019

Pengumuman

Seleksi Bersama Penerimaan Kepala Dan Guru Sekolah Indonesia Di Luar Negeri Tahun Anggaran 2018

09 April 2018

Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar

09 April 2018

Rekomendasi Hasil Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018

09 April 2018

Link Terkait

Prakiraan Cuaca

FAKFAK REGENCY WEATHER
  • Beranda
  • Berita
  • Galeri
  • Kegiatan

Alamat

JL. Cenderawasih, Kelurahan Fak Fak Utara, Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. 98651 No. Telepon : 0956 22612.22613 No. Fax : 0956 22612